Mengenal Jenis Jenis Video

Hai sobat film maker , pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai jenis jenis video atau standart video dalam dunia perfilman , langsung saja untuk lebih jelasnya 

Lets Check This Out !!

Pengertian PAL

Singkatan dari pharse alternating line. Merupakan standar system pertelevisian di eropa dan beberapa belahan dunia lainnya termasuk Indonesia. Tentu bagi kamu yang memiliki sebuah DVD player atau kamu yang suka mengotak-atik menu TV makan akan menemukan istilah PAL. Demikian juga jika kamu hendak merender hasil editing video atau compositing video makan kamu akan menemui settingan PAL.
PAL ini merupakan identitas dari sebuah format video bagaimana video itu dibuat. Video dengan format PAL akan memiliki 25 frame per detik. Jadi jika kamu akan membuat sebuah video dengan format PAL, maka untuk merender satu detik video kamu harus memiliki settingan 25 frame pada time line aplikasi video kamu. Dan 100 frame untuk 4 detik.
Sebuah frame gambar PAL memiliki 625 garis – garis. Beberapa contoh resolusi PAL adalah PAL VCD adalah 352 x 288 pixel, PAL SVCD dan PAL full D1 DVD adalah 720 x 576.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibrMWGEakqPtFvVJHWUZUjSVS-Iz495WYHLWQA6akzrxAH_OQn4Tqtz0uPCNnxRTrupjM5yQdS7oCJ1RqMqs2Gv28Fel0zTtGCWtsbrNSO0B4_22QbeH_Vep3Xd5AHzf06ypkRSdA9_MxO/s1600/Jenis-jenis+Format+File+Atau+Ekstensi+File+Video.jpg

NTSC

Merupakan singkatan dari standar television committee. Sebuah frame format NTSC memiliki 525 garis. Dan setiap detik format video NTSC terdiri dari 29 frame. Sekarang hitung sendiri berapa frame yang kamu butuhkan untuk disetting pada time line aplikasi editing video kamu untuk membuat video satu menit misalnya.

Frame

Merupakan kumpulan garis-garis horizontal/ scanlines dalam video untuk membuat satu gambar utuh. Gambar tersebut terbagi dari dua bagian yaitu lower field dan upper field. Kemudian kedua bagian itu akan digabung menjadi gambar utuh tanpa interlace atau ruang kosong.

FPS

Singkatan frame per second. Adalah ukuran banyak gambar yang tampil pada video dalam satu detik. Kesimpulannya adalah video akan semakin halus tampilannya jika makin besar FPS-nya.

VIDEO encoding

Merupakan persiapan digital agar dapat memproses format video. Dalam proses ini terdapat pengompresan agar video sesuai dengan hardware yang akan memainkan video tersebut.

MP3

Merupakan singkatan dari MPEG-1 atau MPEG-2 layer 3 audio encoding. MP3 bukan singkatan dari MPEG-3. File MP3 sangat bersahabat dengan player computer dan player yang secara khusus dirancang untuk file jenis ini. Kompresi file ini menggunakan teknik Pshycoacoustic dimana suara yang tidak bisa didengar manusia akan dibuang oleh MP3 encoder sehingga file berukuran kecil dan kualitas tetap terjaga.

WAV ( wave)

Merupakan format audio yang tidak dikompress pada computer. Sehingga file ini menghasilkan suara yang paling jernih dan bagus. Jenis file ini biasa digunakan pada file AudioCD untuk menjaga kualitas dari audio yang dihasilkan .

Sample rate

Merupakan penentu kualitas dari audio. Dalam prose perekaman audio perdetiknya dihitung dengan hertz per second, dan banyaknya rate disebut sample rate. Sample rate yang umum digunakan adalah 11,22 dan 44kHz.

Bit rate

Merupakan banyaknya data yang disimpan dalam bit dalam satu detik. Istilah ini biasanya lebih akrab dengan Bps atau bit per second. Semakin banyak bps nya makan kualitas video dan audionya akan semakin bagus. Sedangkan standar pada file audio adalah 128 kbps (MP3). Dan VCD adalah 1374kbps, DVD 4500kbps, DV 25 Mbps.

Codec

Adalah akronim dari compression / DECompression. Didalamnya terdapat algoritma pemrograman yang memperkecil ukuran dari file video. Selayaknya sebuah kunci yang digunakan untuk mengunci pintu tentu untuk membuka pintu tersebut membutuhkan kunci yang sama, jadi ketika sebuah video di kompres dengan suatu codec makan video tersebut harus dibuka dengan codec yang sama.

Aspec ratio

Adalah perbandingan antara pixel vertical dan horizontal. Pixel adalah gambar terkecil pada gambar bitmap. Ketika kamu melakukan finishing pada video hasil editan kamu makan berhati-hati dengan setingan aspek ratio, karena settingan ini sangat berpengaruh pada hasil video yang kamu hasilkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.